Jumat, 13 Januari 2012

MAKANAN DAN MINUMAN YANG BISA MENGGANGGU TIDUR

gangguan tidur di malam hari dapat menyebakan badan lemas dan tidak fit keesokan harinya yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, ada banyak hal yang menyebabkan gangguan tidur dan beberapa jenis makanan dan minuman bisa jadi penyebanya.
meski begitu setiap orang dapat mempunyai penyebab yang berbeda-beda, maka dari itu sangat perlu mengetahui penyababnya dan mencoba menghindarinya.
tapi tidak ada salahnya juga meninjauk ulang jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum menjelang tidur jika sedang mengalami gangguan tidur.

berikut 5 makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti dikutip caring (kamis, 12/1/2012) antara lain :

1. MAKANAN YANG DIAWETKAN.
sebaiknya menghindari jenis makanan yang mengandung daging yang diawetkan sebagai kudapan sore. han, bacom , sosis dan daging asap mengandung kadar tinggi dari asam amino tiramhin.
asam amino tiramhin dapat memicu otak melepaskan neropinefrin. neropinefrin merupakan stimulan otak yang membuat orang selalu waspada dan terjaga.

2. COKELAT.
menikmati cokelat dingin dan ngemil cokelat dimalam hari memang sangat menghiurkan. namun, banyak orang yang semakin sensitif terhadap kafein karena bertambahnya usia.
kadang hanya karena sepotong cokelat kecil diatas es krim dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur. cokelat juga mengandung tyrosine, sebuah amino perangsang.
tyrosine adalah asam amimo nonesensial tubuh yang terbuat dari asam amino lain yang disebut fenilalamin. ini adalah sebuah blog bangunan untuk beberapa bahan kimia otak yang penting disebut neurotransmitter, termasuk epinefrin, norepinefrin dan dopamin.
membantu neurotransmitter dapat sel saraf berkomunikasi dan mempengaruhi suasana hati.

3. MINUMAN ENERGI.
berbagai jenis minuman berenergi biasanya tinggi kafein serta asam amino taurin. asam amino taurin dan kafein meningkatkan kewaspadaan dan adrenalin.

4. SAOS TOMAT, CABAI, PIZZA, DAN MAKANAN PEDAS.
gangguan pencernaan adalah sumber umum dari gangguan tidur. dan banyak orang gagal untuk kembali tidur. makanan asam dan dan pedas dapat menyebabkan refluks, mulas dan gejala pencernaan lain yang mengganggu tidur.

5. MINUMAN ALKOHOL.
minuman alkohol dapat membuat lebih santai setelah makan malam, tetapi beberapa jam kemudian, dapat mencegah untuk mendapatkan tidur nyenyak. alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat seseorang terbangun ketika tidur karena ingin buang air besar

1 komentar: